Thursday, August 21, 2008

haruskah begini...

Jujur dalam kehidupan ini tidak hanya kata-kata manis yang akan sering kita terima, cacian dan makian adalah makanan yang akan kita terima, dalam menggapai mimpi banyak orang yang telah berjaya mampu menjadi berjaya kerana siap dan telah menerima cacian dan Makian.

"Bodoh kamu!", antara lain adalah perbendaharan makian yang harus kita terima begitu mengambil pilihan atau melakukan sesuatu yang tidak dikehendaki orang-orang dekat kita. Barangkali kita kehilangan warisan kerana menikahi pasangan yang tidak disukai orang tua atau dipulaukan dari lingkungan pejabat. Strategi dan kebijakan/langkah baru yang cuba diambil disambut dengan cemuhan. Apalagi sebagai orang baru, "Semakin tahu semakin mampu buat" menjadi kosa kata yang harus kita akrabi. Makian-makian seperti sebongkah tahi kerbau yang dilemparkan di muka kita.

Mutasi,pengurangan tunjangan, bahkan pemecatan adalah ancaman yang menunggu di depan mata sewaktu kita memilih untuk memperjuangkan apa yang benar, memperbaiki kekeliruan dan menegur yang salah. Tidak seorangpun menyukai itu. Kita umumnya lebih suka mendapat tepuk tangan, kocek yang selalu penuh, warisan banyak serta posisi yang bagus dengan menjadi orang patuh dan menjadi orang yang diam di hadapan ketidakberesan.

Untuk hidup sepenuhnya, menyeberangi arus makian dan bisik-bisik karena mencintai kebenaran. Menjadi berjaya dan berhasil pasti perlu, tapi lebih baik lagi jika kita hidup sepenuhnya, yakni dengan menjadi pencinta dan pelaku kebenaran. Mencintai kebenaran bagaikan mendaki ke puncak gunung; makin naik ke atas kita makin merasa sendiri, khuatir, takut jangan-jangan akan jatuh. Akan tetapi, segera sesudah sampai di puncak kita mengalami kebebasan yang paling penuh….berdiri memandang ke bawah dengan leluasa.

Semoga anda tidak pernah jemu untuk mencuba hal-hal baru di lingkungan anda, menjadi kritis dan berpandangan jauh ke depan meski harus banyak dicaci maki. Kelak ketika anda berhasil membuktikan pilihan anda, makian-makian tadi berganti menjadi samudera senyuman dan penerimaan, lengkap dengan permintaan maaf orang banyak.

Kalau anda belum pernah dimaki, ada dua kemungkinan. Satu, anda adalah orang yang paling penakut di dunia ini. Kedua, anda sebenarnya sudah dimaki, tapi karena sudah membuktikan pilihan anda, anda tidak dimaki lagi. Maka anda orang yang paling berani di dunia ini.

Jadi terkadang cacian dan makian akan sering kita dengar jika kita ingin menggapai kejayaan jika anda yakin dan percaya bahwa yang anda lakukan adalah tepat, teruslah berjalan dan hadapi cacian dan makian tersebut, maka suatu saat cacian dan makian tersebut akan berubah menjadi pujian. ayuh terus berjuang mari kita membuat langkah awal dalam menggapai mimpi dengan menerjang cacian dan makian.

"mendapat pujian membuat orang terlena dan lemah, mendapat cacian membuat orang sedar dan berubah kuat

~ :: moga kita sentiasa tabah menghadapi kehidupan yang mencabar penuh dengan onak duri ini ::~

1 comments:

Kayla W said...

Greaat blog you have here

Related Posts with Thumbnails